PERPUSTAKAAN SEKOLAH


Sejak kita memasuki sekolah dasar, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kata “perpustakaan”. Perpustakaan merupakan suatu tempat yang dipenuhi kumpulan buku. Dengan adanya perpustakaan di dalam lingkungan sekolah, siswa dapat dengan mudah mendapat informasi dan pengetahuan. Perpustakaan dapat meningkatkan minat baca siswa, tentunya dengan diikuti kualitas dan kuantitas buku-buku yang ada. Namun, seringkali kita melihat nasib perpustakaan hanya menjadi tempat tumpukan buku-buku tua berdebu. Perpustakaan hanya menjadi tempat kunjungan segelintir siswa. Prioritas kunjungan siswa ke perpustakaan masih di bawah keinginan berkunjung ke kantin.
            Adalah Pak Dafid, seorang pustakawan yang telah lama menggawangi perpustakaan di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Nama lengkap beliau adalah Dafid Hary Antoro, beliau lahir di Banjarnegara 18 Januari 1987. Saat ini beliau bertempat tinggal di Desa Karangsalam, RT 01/RW 02, Kecamatan Susukan, Banjarnegara. Kebetulan beliau merupakan salah satu alumni SMAN 1 Purwareja Klampok angkatan 2004.
            Menurut Bapak Dafid, minat baca siswa di perpustakaan SMAN 1 Purwareja Klampok masih sangat kurang, menurutnya hanya siswa itu-itu saja yang datang. Kebanyakan siswa hanya datang ke perpustakaan saat ada tugas dari guru. Sebenarnya koleksi buku yang ada di perpustakaan SMAN 1 Purwareja Klampok cukup lengkap, setiap ada pembaruan buku pasti ada buku yang berasal dari pemerintah untuk perpustakaan. Tak ketinggalan, buku-buku bertema lingkungan juga cukup banyak, ada banyak buku referensi seperti buku Ensiklopedia Planet Bumi, Ensiklopedia Sains, Sistem Endokrin, dan masih banyak lagi.
            Untuk menarik minat baca siswa, Perpustakaan SMAN 1 Purwareja Klampok juga pernah mengadakan penghargaan kepada siswa-siswa yang sering datang ke perpustakaan dan meminjam buku di pepustakaan. Meskipun  sudah diberikan penghargaan dan semacamnya, minat baca siswa maupun semangat untuk berkunjung ke perpustakaan masih rendah.
            Banyak harapan Bapak Dafid untuk kemajuan perpustakaan SMAN 1 Purwareja Klampok. Menurutnya, jumlah petugas perpustakaan yang hanya dua orang tidaklah maksimal untuk meng-handle semua urusan perpustakaan. Penambahan koleksi buku yang ada juga sangat perlu dilakukan demi kemajuan perpustakaan. Dengan koleksi buku yang banyak, hal itu dapat menarik minat siswa untuk berkunjung ke perpustakaan. Tempat yang kurang luas juga perlu menjadi perhatian berbagai pihak, pasalnya setiap tahun ajaran baru pastilah perpustakaan akan mendapat buku-buku baru dari pemerintah. Tetapi, ruang penyimpanan di perpustakaan SMAN 1 Purwareja Klampok tidaklah luas sehingga seringkali buku-buku banyak yang tertumpuk di area baca siswa.

Komentar